Labels:

Reactions: 

    Hari Natal di Rusia Setiap 7 Januari
    25 December 2011
    Di ujung sana bukan Masjid, tapi Gereja St Basil yang berkubah berbentuk bawang

    Untuk apa ke jalan-jalan libur-libur begini, mending asik tidur berselimut yang hangat di tengah suhu berkisar minus 8 derajat C.  Libur di Rusia dalam setiap minggunya adalah dua hari, Sabtu dan Minggu. Kalau anda di hari itu, Sabtu dan Minggu, jalan-jalan asyik, di jalanan biasanya lancar, tak macet, mengapa? Karena kebiasaan orang Rusia bila hari libur, kabanyakan mereka benar-benar libur, alias istirahat di rumah atau ke Vila,  orang Rusia menyebut dacha. Dan jangan heran bila di Moskow gerak manusia baru ramai mulai  jam 10.00 wm( 13.00 WIB).

    Jadi kalau di hari libur, baik Sabtu atau Minggu anda berkendaraan, asik…. masih sepi! Dan ke mall-mallpun relatif sepi pada jam segitu. Jadi di hari libur di Moskow, terasa liburnya. Macet? Kalau hari libur lenggang, tapi jangan di hari libur menjelang tahun baru, selain karena lebatnya salju yang turun dan salju yang menumpuk di pinggir jalan, menyebabkan jalan menjadi sempit. Oya perlu juga diketahui di Moskow parkir mobil milik pribadi masing-masing itu parkirnya di pinggir-pinggi jalan sepanjang apartemet tempat mereka tinggal, kebanyakan tak punya garasi atau tempat parkir. Wah ini paling asyik bagi maling-maling! Karena kalau si maling bisa menaklukan signal alarem dan bisa membuka pintu mobil, ya sudah bablas itu mobil, hilang! Lain ladang lain belalang, lain tempat lain juga adat dan kebiasaannya.
    Nah kebiasaan yang berbeda juga bisa anda temukan saat sedang liburan natal seperti hari ini, di Rusia tak ada natalan di tanggal 25 Desember! Berdasarkan kepercayaan kristen Ortodok di Rusia, natal atau kelahirannya nabi Isa AS tanggal 7 Januari! Jadi mereka merayakan natalnya masih dua minggu ke depan! Kalau anda ke  Rusia dan anda tak akan menemukan orang Rusia merayakan hari natal di tanggal 25 Desember dan tanggal 25 Desember bukan hari libur nasional bagi Rusia. Bagaimana membedakannya?
    Ada kebiasaan di Rusia, kalau hari libur nasional itu bisa di geser! Jadi kalau hari libur nasional, misalnya hari kemenangan Rusia  yang jatuh setiap tanggal 9 Mei, hari itu jatuh pada hari libur biasa, Sabtu atau Minggu, maka jatah hari libur Sabtu dan Minggu tak boleh diganggu, jadi liburnya di tambah hari sebelumnya atau hari sesusah dua hari itu, jadi bisa hari Jum’at atau Senin! Jadi dengan kebiasaan seperti itu, bisa diketahui bahwa tanggal 25 Desember itu bukan hari libur nasional, karena baik hari Jum’at lalu dari hari Senin besok, di Rusia tetap masuk, bukan hari libur.  Padahal sudah sama-sama diketahui tanggal 25 Desember itu hari libur Internasional, Rusia tak tunduk! Rusia tetap berkeyakinan bahwa hari natal itu jatuhnya tanggal 7 Januari, ya mereka libur natalnya nanti tanggal  7 Januari di tahun depan, 2012.
    Oya jangan lupa, Rusia juga punya hirarki gereja sendiri, Rusia tidak tunduk pada pusat gereja Internasional di Vatikan yang dipimpin Paus.  Tanda salibnya juga beda, dan konon antara dua pimpinan gereja ini belum pernah saling bertemu dan sama-sama berpendirian sama kuat, tak ada pimpinan yang satu lebih dengan yang lain, dengan demikian mereka punya otoritas sendiri yang tidak mengikuti apa maunya Vatikan. Maka dari itulah dua gereja Timur dan Barat ini tidak sama dalam menentukan hari  kelahiran nabi Isa As, yang timur pada tanggal 7 Januari, yang Barat 25 Desember. Jadi kalau di analisa, jauh sekali perbedaan peringatan natalnya, yang satu pada awal minggu  bulan Januari, yang satu lagi dilakukan pada akhir bulan Desember, beda 11 bulan! Kalau dijadikan kelahiran nabi Isa AS tanggal 25 Desember dijadikan patokan, mengapa tanggal tersebut bukan dijadikan awal atau hari pertama tahun Masehi, hari pertama tahun Masehi malah jatuh pada tanggal 1 Januari ? Itu yang gereja Barat.
    Kalau yang gereja  Timur, kelahiran nabi Isa diyakini tanggal 7 Januari, dan hari pertama tahun Masehinya sama tanggal 1 Januari, mengapa hari pertama bukan pada saat kelahirannya? Bukankah menghitung hari ulang tahun setiap dimulai hari pertama? Tapi itu namanya kepercayaan, iya silahkan saja.

Comments (0)

Post a Comment