8 KETERAMPILAN MENGAJAR

Labels:


Apa benar menjadi guru profesional itu mudah??? Sebetulnya SANGAT MUDAH, tapi seperti di iklan, ada syarat dan ketentuan berlaku, yaitu harus menguasai apa yang dikenal sebagai “8 KETERAMPILAN MENGAJAR 


Turney (1973) mengemukakan 8 keterampilan dasar mengajar, yakni:

1. Keterampilan Bertanya
Guru harus mampu memancing minat siswa melalui pertanyaan – pertanyaan cerdas, menarik, dan memiliki bobot nilai belajar di dalamnya. Namun guru juga harus mengatur pertanyaannya agar masih dalam konteks pembelajaran yang akan disajikan agar tidak terlalu melebar dari pembahasan selanjutnya. Dengan pertanyaan yang dapat memancing minat siswa, maka akan berimbas pada keinginan belajar siswa.

2. Keterampilan Memberi Penguatan.
Dalam pembelajaran, siswa sangat membutuhkan dorongan semangat untuk terus belajar dan manjadikan siswa haus akan ilmu. Karena itu, perlu adanya penguatan dari pihak yang aktif terlibat dalam pembelajaran di kelas yaitu guru. Dengan demikian siswa akan merasa makin terpacu untuk belajar.
3. Keterampilan Mengadakan Variasi
Agar siswa tidak mudah merasa bosan dengan pembelajaran di sekolah, guru harus senantiasa mengadakan inovasi dan variasi dalam KBM. Jangan sampai menggunakan metode yang sama di setiap pembelajaran, karena akan berakibat bosannya siswa hingga mereka akan kehilangan minat belajar.
4. Keterampilan Menjelaskan
Guru diharapkan mampu merefleksi segala informasi sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Setidaknya, penjelasan yang diberikan harus relevan dengan tujuan, materi, sesuai dengan kemampuan dan latar belakang siswa, serta diberikan pada awal, tengah, ataupun akhir pelajaran sesuai dengan keperluan.

5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Cara membuka dan menutup pelajaran secara langsung maupun tidak dapat mempengaruhi psikis anak, karena itu guru perlu mempertimbangkan cara membuka dan menutup pembelajaran yang sarat akan pembangkit semangat dan pesan. Misalnya seperti pemberian ice breaking di kegiatan awal.
6. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Hal terpenting dalam proses ini adalah mencermati aktivitas siswa dalam diskusi serta membimbing siswa ketika mereka menemui kesulitan agar pembahasan tidak melenceng dari materi yang didiskusikan.
7. Keterampilan Mengelola Kelas
Mencakup keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, serta pengendalian kondisi belajar yang optimal. Secara garis besarnya adalah mengkondisikan kelas agar menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk menuntut ilmu
8. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Yang mensyaratkan guru agar mengadakan pendekatan secara pribadi, mengorganisasikan, membimbing dan memudahkan belajar, serta merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar.
sumber : pgsd-dcip2008.blogspot.com

Comment (1)

setuju banget,kalau emang kita mau disebut sebagai guru profesional kita harus menguasai 8 keterampilan mengajar tersebut

Post a Comment